KINERJA PENGANGKUTAN BATUBARA DAN OVERBURDEN DALAM MENCAPAI TARGET PRODUKSI PT TEMPIRAI ENERGY RESOURCES

  • A. Sentanu DESDM Provinsi Sumatera Selatan
  • M.T. Toha Universitas Sriwijaya
  • R. Juniah Universitas Sriwijaya
Keywords: Sistem Pengangkutan, Batubara, Overburden

Abstract

PT Tempirai Energy Resources menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode strip mining kombinasi shovel – dump truck dalam pengusahaan batubara. Pada periode Februari – Maret 2020, target produksi PT Tempirai Energy Resources belum tercapai, oleh sebab itu dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui faktor yang berpengaruh pada ketercapaian target produksi tersebut. Salah satu hal penting yang perlu dikaji adalah kinerja alat pada sistem pengangkutan overburden dan batubara. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengamatan ke lapangan. Data yang dikumpulkan meliputi jam kerja alat, jam standby, jam perbaikan, kondisi alat, disiplin kerja, perbaikan dan perawatan alat gali muat dan angkut. Data sekunder meliputi rencana target produksi perusahaan, rencana jam kerja dan spesifikasi alat gali muat serta alat angkut. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis agar diketahui kinerja sistem pengangkutan batubara dan overburden sehingga akan diketahui penyebab belum tercapainya target produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan belum tercapainya target produksi PT Tempirai Energy Resources adalah nilai ketersediaan alat yang rendah yang disebabkan tidak maksimalnya penggunaan alat. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase alat excavator untuk material overburden yang beroperasi dibulan Februari 2020 dan Maret 2020 hanya sebesar 42 dan 32 % , sedangkan untuk truck di bulan Februari 2020 dan Maret 2020 hanya 50% dan 37%. 

References

[1] Juniah, R., Dalimi, R., Suparmoko, M., dan Moersidik, S. (2018). Mathematical Model Of Benefits And Costs Of Coal Mining Environmental. Jurnal of Sustainable Development. 11 (6): 246- 258.

[2] PT Tempirai Energy Resources. (2020). Laporan Rencana Kerja Eksploitasi Tahunan. Sumatera Selatan : PT Tempirai Energy Resources.

[3] Toha, MT., Nofanda, R., Busyaf, R. (2019). Analisis Efisiensi Kerja Dan Produktivitas Pengangkutan Batubara Sistem Shovel – Dump Truck. Jurnal Pertambangan, 3 (3): 34-39.

[4] Siregar, AA. dan Sumarya. (2018). Studi Analisis Dan Simulasi Peningkatan Produktivitas Excavator Hitachi Ex1900-6 Dalam Pengupasan overburden Pada Tambang Batubara PT. Mandala Karya Prima Jobsite PT. Mandiri Intiperkasa Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Bina Tambang, 3 (4): 1342 – 1356.

[5] Shiddiqi, MF. dan Kasim, T. (2018). Evaluasi Kinerja dan Biaya Pengangkutan Batubara Menggunakan Dump Truck dan Belt Conveyor pada Penambangan Muara Tiga Besar Utara PT. Bukit Asam, Tbk. Jurnal Bina Tambang, 4 (1): 1471 – 1481.

[6] Silalahi, R., Zaenal, Guntoro, D. (2018). Evaluasi Produktivitas Alat Angkut Untuk Mengoptimalkan Controlling Muatan pada Kegiatan Penambangan Batugamping, di PT Semen Bosowa Maros, Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding Teknik Pertambangan, 4 (2): 521-526.

[7] Ilahi, RR., Ibrahim, E., Swardi, FR. (2014). Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali-Muat (Excavator) Dan Alat Angkut (Dump Truck) Pada Pengupasan Tanah Penutup Bulan September 2013 di Pit 3 Banko Barat Pt. Bukit Asam (Persero) Tbk UPTE. Jurnal Ilmu Teknik, 2.

[9] Hidayat, W., Abdullah, R., Murad. (2018). Evaluasi Waktu Kerja Efektif Alat Gali Muat dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan dari Harga Penjualan Batubara pada PT. Britmindo site Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jurnal Bina Tambang, 3 (1).

[10] Prasmoro, AV., Hasibuan, S. (2018). Optimasi Kemampuan Produksi Alat Berat Dalam Rangka Produktifitas Dan Keberlanjutan Bisnis Pertambangan Batubara: Studi Kasus Area Pertambangan Kalimantan Timur. Operations Excellence, 10 (1):1-16.

[11] Putera, RY. (2018). Kajian Teknis Perencanaan Size Reduction Batu Kapur Pada Unit Crushing Plant Pabrik Operasi 1 Untuk Mencapai Target Produksi Di PT. Semen Baturaja (PERSERO) Tbk, Baturaja, Sumatera Selatan. Skripsi, Fakultas Teknik :Universitas Sriwijaya.
Published
2021-06-16
Section
Articles