TINGKAT KEEKONOMIAN KEGIATAN PENAMBANGAN BATUBARA PT. CITRA TOBINDO SUKSES PERKASA BERDASARKAN METODE DISCOUNTED CASH FLOW

  • A. Fizarro Universitas Sriwijaya
  • Mukiat . Universitas Sriwijaya
  • Syarifuddin . Universitas Sriwijaya
Keywords: Harga Batubara, Tingkat Ekonomi, Kelayakan Penambangan

Abstract

PT. Citra Tobindo Sukses Perkasa melakukan kegiatan penambangan batubara sejak tahun 2010 sampai dengan sekarang, akan tetapi pada tahun 2016 pernah berhenti produksi untuk sementara waktu dikarenakan oleh harga batubara pada saat itu berada di titik terendah. Untuk menghindari adanya perubahan-perubahan pada kondisi yang sensitif, maka perlu dilakukannya analisis keekonomian penambangan yang berada di tingkat ekonomi rendah, sedang, ataupun tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan ekonomi penambangan dinyatakan layak untuk dilaksanakan atau tidak berdasarkan tingkat keekonomiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode discounted cash flow yang berprinsip menghitung dan menganalisis kelayakan ekonomi dengan hasil keputusan yang jelas dan konsisten berupa layak atau tidak layak untuk diimplementasikan. Hasil penelitian dari parameter investasi dinyatakan layak untuk ditambang dengan net present value (NPV) sebesar Rp 17.492.288.670,07, internal rate of return (IRR) bernilai 22,07%, payback period (PBP) selama 3,70 tahun, present value rasio (PVR) bernilai 0,35, gross benefit cost ratio (Gross B/C) bernilai 1,35. Harga jual batubara dan biaya operasional sangat berdampak terhadap parameter ekonomi yaitu pada tingkat ekonomi tinggi dinyatakan layak untuk ditambang sedangkan pada tingkat ekonomi rendah dinyatakan tidak layak untuk ditambang berdasarkan pengaruh terhadap kelayakan investasi. Sedangkan pada Biaya kapital dan umur proyek juga mempengaruhi kelayakan ekonomi dilihat dari tingkat ekonomi yang tinggi dinyatakan layak untuk ditambang sedangkan pada tingkat ekonomi yang rendah dinyatakan masih layak untuk ditambang tetapi dengan nilai ekonomis yang rendah.

References

[1] Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2019). Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 261 K/30/MEM/2019 Tentang pemenuhan kebutuhan batubara dalam negeri tahun 2020. Jakarta: Kementerian ESDM.

[2] Suryawan, K. (2019). Manajemen Alat Berat. Yogyakarta: Deepublish.

[3] Arif, Irwandy. (2014). Batubara Indonesia. Bandung: Fakultas Teknik, Institut Teknologi Bandung.

[4] Blank, Leland. & Tarquin, Anthony. (2012). Engineering Economy, seventh edition. America: Elizabeth A. Jones.

[5] Ondo Immanuel S. (2019). Analisis Investasi dan Kelayakan Ekonomi pada Kegiatan Penambangan Batubara PT. Pinggan Wahana Pratama Job Site PT. Singlurus Pratama, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Teknologi Mineral. 7(1), 30-49.

[6] M. Rezky A.S. (2018). Analisis Capital Budgeting Untuk Menilai Kelayakan Investasi dalam Usaha Penambangan Batubara pada PT. Tuah Globe Mining Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Geomine, 6(1), 1-5.

[7] Marthin, S. (2018). Analisis Keekonomisan Pemilihan Alat Gali Muat Untuk Pembongkaran Overburden di Tambang Air Laya PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. Jurnal Pertambangan, 2(3), 34-38.

[8] Titoe, D. (2018). Kajian Analisis Ekonomi Tambang Menggunakan Metode Discounted Cash Flow pada Pertambangan Batubara PT Pasir Prima Coal Indonesia, Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Teknik Pertambangan, 4(2), 411-417.

[9] Haq N. (2018). Modeling Valuation, Risk, and Decision in Mining Projects. Jakarta: Fira Publishing.

[10] Damodaran, Aswath. (2012). Investment Valuation Tools and Techniques for Determining the Value of Any Asset. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

[11] Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2020). Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 43 K/32/MEM/2020 tentang Harga Mineral Logam Acuan dan Harga Batubara Acuan Untuk Bulan Februari Tahun 2020. Jakarta: Kementerian ESDM.

[12] Pemerintah Indonesia. (2013). Peraturan Direktur Jendral Mineral dan Batubara nomor 644K/DJB/2013 tentang tata cara penetapan besaran biaya penyesuaian harga patokan batubara. Jakarta: Sekretariat Negara.

[13] Ijang, Bambang. (2018). Analisis Penentuan Harga Jual Batubara PT Berau Coal untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Lati. Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara. 14(2), 141-157.
Published
2021-06-18
Section
Articles