ANALISIS PERENCANAAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KERJA PERTAMBANGAN (SMKP) BATU ANDESIT DI PT ATIKA TUNGGAL MANDIRI (PERMEN ESDM NOMOR 26 TAHUN 2018)

  • Rihan Muhammad Universitas Sriwijaya
  • Juniah Restu Universitas Sriwijaya
  • Novrikasar . Universitas Sriwijaya
Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Sistem Manajemen Keselamatan Kerja Pertambangan (SMKP), Risiko

Abstract

Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batubara merupakan bagian salah satu sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka manajamen pengendalian risiko keselamatan dan kesehatan kerja operasi pertambangan sesuai dengan Permen ESDM. SMKP Minerba berfungsi sebagai referensi bagi perusahaan tambang di Indonesia dalam menjalankan SMKP meskipun terlebih dahulu telah menerapkan manajemen secara SMK3. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji dan analisis penerapan SMKP, menganalisis upaya dalam meminimalkan risiko dan menganalisis peran dan tanggung jawab dalam perencanaan SMKP untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja menuju zero accident di PT Atika Tunggal Mandiri. Metode yang digunakan deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif dan semikuantitatif. Hasil penelitian didapatkan variabel pernyataan yang sesuai yaitu data tersebut valid, reliabel, variabel tersebut tidak terjadi gejala multikolinearilitas, tidak heteroskedastisitas, dan hipotesis dari variabel tersebut dapat diterima. Tetapi terdapat beberapa beberapa variabel yang hasil ujinya tidak sesuai yaitu pada uji parsial yang nilai sign nya > 0,05 maka hipotesis tersebut ditolak dan hasil tersebut tidak berpengaruh terhadap sistem manajemen keselamatan kerja pertambangan (SMKP). Dalam meminimalisirkan risiko bahaya kerja pada penelitian hasil yang didapatkan pada analisis kualitatif yaitu kemungkinan (likelihood) terjadi pada kejadian bahaya kerja termasuk ke dalam Unlikely, konsekuensi (consequences) termasuk ke dalam Moderate. Sedangkan analisis Semikuantitatif yaitu dilakukan uji kemungkinan (likelihood) termasuk kedalam Unusualy – Remotely Posible, Uji paparan (exposure) termasuk kedalam kategori Rare, Uji konsekuensi (consequences) termasuk kedalam kategori Very Serious – Serious.

References

[1] Arifin, S. 2019. Talking Safety & Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). Yogyakarta: Deepublish.

[2] Pratama, A.R. 2018. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) di PT Bukit Asam Tanjung Enim Sumatera Selatan. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi : UIN Sunan Kalijaga.

[3] Mangkunegara, Anwar P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

[4] Gerry S, Soebijanto, Adi H, S., Lientje Setyawati Maurits, dan Suma’mur, P., K. 2009. Kinerja penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja perusahaan peserta program jaminan kecelakaan kerja pada PT JAMSOSTEK Cabangn Medan. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 12: 130- 139.

[5] Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja : Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta : 6] Kamdhari, E., Estralita, D. 2018. Penerapan Sistem Manajemen Keselamtan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Female Apartment Adhigrya Pangestu. Jurnal Politeknologi, 17 (1) : 19.

[6] Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No. 26 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batubara.

[7] Ahmad Hidayat, 2009, “Pelaksanaan K3 dan SMK3”, Program Sarjana (S-1) di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Medan.

[8] Kamdhari, E., Estralita, D. 2018. Penerapan Sistem Manajemen Keselamtan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Female Apartment Adhigrya Pangestu. Jurnal Politeknologi, 17 (1) : 19.

[9] Space as Carbon Assimilator for Sustainable Environment of Transportation Sector and Steam Power Plant. Sriwijaya Journal of Environment. 3( 1).

[10] Juniah, R. 2018. Harmonization of Green Open Space as Carbon Assimilator for Sustainable Environment of Transportation Sector and Steam Power Plant. Sriwijaya Journal of Environment. 3( 1).

[11] AS/NZS 4360:1999. Risk Management Guidelines.
Published
2022-06-07
Section
Articles