KARAKTERISTIK MORFOMETRI DAERAH ALIRAN SUNGAI BATANG MERANGIN, KABUPATEN MERANGIN, JAMBI

  • E. Febrina Universitas Sriwijaya
  • E. D. Mayasari Universitas Sriwijaya
Keywords: Morfometri, Meander, Batang Merangin, DAS

Abstract

Sungai Batang Merangin terletak di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Sungai Batang Merangin memiliki morfologi dataran rendah hingga perbukitan rendah dengan sungai yang berkelok-kelok (meander) dan dikontrol oleh Formasi Mengkarang (Pm). Bentuk kelokan sungai pada daerah penelitian dikontrol oleh beberapa faktor geologi seperti proses sedimentasi dan perubahan iklim. Faktor sedimentasi merupakan pengaruh yang berasal dari internal sedangkan perubahan iklim merupakan pengaruh dari eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfometri Sungai Batang Merangin dari proses sedimentasi yang dilakukan dengan cara membandingkan dan mengaitkan perubahan dari morfometri sungai pada tahun 1988 dan 2021. Proses perubahan morfometri sungai dianalisis menggunakan metode penginderaan jauh berupa data landsat. Terdapat dua belas (12) segmen pengamatan yang didominasi oleh tipe perubahan simple dibandingkan tipe combination. Jenis perubahan meander simple didominasi oleh extension dan translation. Sedangkan tipe combination sangat jarang terjadi dari tahun 1988 hingga 2021 dimana hanya empat (4) kasus tipe combination yang terdiri dari tiga (3) tipe combination antara extension dan translation dan satu (1) tipe combination  translation dan rotation.

References

[1] Hooke, J.M. (2003). River meandering. In treatise on Geomorphology (pp.260-288). San Diego : Academic Press.

[2] Fahmudin, A dan Widianto (2004). Petunjuk Praktik Konservasi Tanah Pertanian Lahan Kering. Bogor: World Agroforestry Centre ICRAF Southeast Asia. Hal 3 – 4.

[3] Charlton, R.,(2008). Fundamentals of Fluvial Geomorphology. London & New York : Rouledge Taylor and Francis Group.

[4] Suwarna, N., Suharsono, Amin T.C., Kusnama, Hermanto, B (1992). Peta Geologi Lembar Sarolangun, Sumatera. Pusat Pengembangan dan Penelitian Geologi.

[5] Astuti,dkk. (2021). Identifikasi Morfometri Daerah Aliran Sungai Molompar dan Totok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Indonesia. Open Science and Technology. Vol.01 N0.01 (70-81).

[6] Anonim. (2022).(http://geospasial.bnpb.go.id) diaks- es Februari 2022.

[7] Anonim (2022). (https://earthexplorer.usgs.gov/) diakses Februari 2022.

[8] Lagasse,P. (2004). Methodology for Predicting Channel Migration. Washington DC: National Cooperative Highway Research Program Transportation Researc Board.

[9] Magdeleno, F., & Fernandez-Yuzte,J.A. (2011). Meander Dynamics in a changing river corridor. Geomorphology.

[10] Gou,X.,dkk. (2021). Morphological Characteristic and Changes of Two Meandering Rivers in the Qinghai-Tibet Plateau, China. Geomorphology.

[11] Yousefi,S.,dkk. (2016). Changes in Morphometric Meander Parameters Identified on the Karoon River, Iran, Using Remote Sensing Data. Geomorphology.
Published
2022-04-26
Section
Articles