ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA TERHADAP LOSSTIME UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI LIMESTONE CRUSHER VI PT SEMEN PADANG

  • MM. Putri Universitas Negeri Padang
  • A. Octova Universitas Negeri Padang
Keywords: Regresi Linear Berganda, Limestone Crusher VI, Delay Time, Idle Time

Abstract

PT Semen Padang merupakan perusahaan pertambangan batu kapur dengan metode penambangan terbuka. Reduksi batu kapur dilakukan pada unit crusher yang saat ini aktif yaitu Limestone Crusher VI. Ketercapaian produksi batu kapur tahun 2021 pada bulan Julidalah 64,6%, pada bulan Agustus 65% dan pada bulan September  62,7% dari target yang ditetapkan. Sedangkan ketercapaian target dari jam kerja efektif tahun 2021 adalah 76,7% pada bulan Juli, 78,1% pada bulan Agustus dan 73,8% pada bulan September. Tidak tercapainya target produksi disebabkan adanya loss time yang menyebabkan waktu kerja menjadi berkurang. Untuk itu, penulis melakukan analisis regresi linear berganda sebagai metode untuk meminimalisir waktu hambatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah memaksimalkan waktu kerja efektif supaya jumlah produksi yang didapatkan sesuai dengan target yang ditetapkan oleh perusahaan. Adapun model regresi yang didapatkan adalah Y = 39654,54 - 1645,64 X1 - 1517,85X2. Rekomendasi waktu hambatan ditilik dari waktu delay dengan asumsi bahwa waktu delay merupakan parameter waktu yang dapat dihindari sedangkan waktu idle adalah waktu yang tidak dapat dihindari oleh manusia. Adapun jumlah waktu hambatan rekomendasi untuk masing-masing parameter hambatan harian yang didapatkan yaitu 0,313 jam untuk persiapan operasi, 0,681 jam untuk waktu tunggu feeding, 0,905 jam untuk waktu istirahat, 0,056 jam untuk pindah jalur atau pengosongan jalur, dan 0,065 jam untuk waktu ganti operator.

References

[1] Afrinal dan Mulya Gusman. (2018). Analisis Regresi Multivariat Parameter Hambatan Produktivitas Crushing Plant Dalam Upaya Peningkatan Target Produksi Tambang Ems PT J Resources Bolaang Mongondow Site Bakan Sulawesi Utara. Tugas Akhir, Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang.

[2] Maharani, Ersila dan Adree Octova. (2019). Optimalisasi Pengumpanan Crusher Dan Analisis Regresi Multivariat TerhadapWaktu Kerja Untuk Meminimalisir Loss Time Agar Tercapai Target Produksi 300.000 Ton/Bulan Pada Penambangan Batu Granit Di PT. Trimegah Perkasa Utama. Tugas Akhir, Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang.

[3] Pinda Sari, Rukia, Murad MS dan Adree Octova. (2018). Analisis Statistik Untuk Mendapatkan Waktu Optimal Dari Loss Time Dalam Memenuhi Produksi Penambangan Batubara Di Area Pit Timur PT. Artamulia Tatapratama. Tugas Akhir, Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang.

[4] Mkhatswa, S.V. (2009). Optimization of The Loading and Hauling Fleet at Mamatwa Open Pit Mine. Southern African Institute of Mining and Metallurgy.

[5] Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : CV. Pustaka Setia.

[6] Kadir, Effendi. (2008). Pemindahan Tanah Mekanis. Universitas Sriwijaya: Fakultas Teknik.

[7] Hasan, Iqbal. (2003). Pokok-pokok Materi Statistik 2(Statistik Interferensif). Jakarta: Bumi Aksara.

[8] Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

[9] Pardede, R., dan Manurung, R. (2014). Analisis Jalur/Path Analisis Teori dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis (pertama). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

[10] Jul Sosantri, Benti, Dedi Yulhendra dan Heri Prabowo. Optimalisasi Pralatan Tambang Dengan Metoda Overall Equipment Effectiveness (Oee) Di Pit 1 Penambangan Batubara Banko Barat Pt Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim Sumatera Selatan. Jurnal Bina Tambang. Vol 3 No 2. 2 – 17. Juni 2018. ISSN : 2302-3333.
Published
2022-06-10
Section
Articles