Archvisual adalah Jurnal Nasional terseleksi rekan sejawat yang melayani para peneliti di lingkungan akademik (perguruan tinggi) dan organisasi-organisasi peneliti serta para praktisi dalam lingkup arsitektur dan perencanaan, meliputi : Arsitektur, Digital Arsitektur, Desain Kawasan/Rancang Kota, Arsitektur Tradisional dan Vernakular, Arkeologi, Kearifan Lokal, Psikologi Arsitektur, Teori Metoda dan Kritik Arsitektur, Struktur dan Utilitas Bangunan, Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Berkelanjutan, Perencanaan dan Perancangan Kota, Perencanaan Wilayah dan Pedesaan, Sains dan Teknologi Bangunan, Sejarah dan Teori Arsitektur, Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota

Jurnal Archvisual menerbitkan edisi perdana pada akhir tahun 2021 ini dalam bentuk online (e-journal) dan cetak. Jurnal ini diterbitkan 2 periode dalam 1 tahun yaitu Juni dan Desember. Pengelolaan jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Tim editors mengundang seluruh akademisi dan peneliti baik berasal dari Universitas, Akademi, dan Instansi; serta mahasiswa agar mengirimkan tulisan ilmiah orisinal yang belum dipublikasikan. Aturan penulisan sesuai format penulisan/article template di laman web diatas. Tulisan yang masuk akan melalui tahapan review dari editor dan reviewer sesuai dengan topik bahasan, selanjutnya akan diproses oleh tim editorial untuk tahap publikasi. Keabsahan dan originalitas tulisan sepenuhnya terdapat pada penulis. Tim editorial berhak untuk melalukan penyesuaian pada tulisan dan tampilan yang dikumpulkan tanpa mengubah maksud dan tujuan penulis. Seluruh proses review akan diinformasikan lewat Open Journal System (OJS) dan email penulis.

 

VISI

Archvisual menjadi jurnal ilmiah arsitektur dan perencanaan dalam skala nasional yang merupakan bagian dari pusat unggulan baik dalam kuantitas dan kualitas pada kegiatan publikasi hasil penelitian dan disseminasi yang bermanfaat.

MISI

Archvisual Menyelenggarakan kegiatan manajemen pengelolaan jurnal untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah secara tetap dan teratur.

Membangun sinergi kegiatan penelitian tingkat nasional melalui kerjasama program pengembangan antar fakultas di lingkungan Universitas Sriwijaya.

Menghasilkan tulisan yang dapat mengembangkan bidang arsitektur dan perencanaan yang memiliki keunggulan dan daya saing, sikap kemandirian dan integritas yang tinggi serta solusi terhadap tantangan dinamika masyarakat.

Terwujudnya kerjasama dan kemitraan yang lebih intensif dan ekstensif dengan lembaga lain dalam rangka pengembangan kemampuan dan kompetensi yang berkelanjutan demi terciptanya pendidikan arsitektur yang berkualitas bagi seluruh masyarakat.