Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang di Submit sudah bebas dari PLAGIARISME dan pelanggaran Hak Cipta Lainnya
  • Artikel yang di Submit belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau sedang dalam proses REVIEW jurnal lain atau sudah di SUBMIT ke jurnal lain
  • Artikel yang di Submit dalam format Microsoft Office (.doc/ .docx)
  • Artikel yang di Submit sudah di tulis sesuai panduan TEMPLATE

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN JURNAL

Archvisual : Jurnal Arsitektur dan Perencanaan

Unduh : Template Artikel Archvisual 2021


 

TUJUAN DAN RUANG LINGKUP

Archvisual adalah Jurnal Nasional terseleksi rekan sejawat yang melayani para peneliti di lingkungan akademik (perguruan tinggi) dan organisasi-organisasi peneliti serta para praktisi dalam lingkup arsitektur dan perencanaan, meliputi : Arsitektur, - Digital Arsitektur - Desain Kawasan/Rancang Kota -Arsitektur Tradisional dan Vernakular – Arkeologi - Kearifan Lokal - Psikologi Arsitektur - Teori Metoda dan Kritik Arsitektur - Struktur dan Utilitas Bangunan - Perumahan dan Permukiman - Arsitektur Berkelanjutan - Perencanaan dan Perancangan Kota - Perencanaan Wilayah dan Pedesaan - Sains dan Teknologi Bangunan - Sejarah dan Teori Arsitektur - Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota.

Jurnal Archvisual menerbitkan edisi perdana pada akhir tahun 2021 ini dalam bentuk online (e-journal) dan cetak. Jurnal ini diterbitkan 2 periode dalam 1 tahun yaitu Juni dan Desember. Pengelolaan jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Tim editors mengundang seluruh akademisi dan peneliti baik berasal dari Universitas, Akademi, dan Instansi; serta mahasiswa agar mengirimkan tulisan ilmiah orisinal yang belum dipublikasikan. Aturan penulisan sesuai format penulisan/article template di laman web diatas. Tulisan yang masuk akan melalui tahapan review dari editor dan reviewer sesuai dengan topik bahasan, selanjutnya akan diproses oleh tim editorial untuk tahap publikasi. Keabsahan dan originalitas tulisan sepenuhnya terdapat pada penulis. Tim editorial berhak untuk melalukan penyesuaian pada tulisan dan tampilan yang dikumpulkan tanpa mengubah maksud dan tujuan penulis. Seluruh proses review akan diinformasikan lewat Open Journal System (OJS) dan email penulis.

 

PANDUAN PENULISAN NASKAH

Gaya Penulisan dan Tata-Letak

Naskah diketik pada kertas berukuran A4 210 mm x 297 mm, marjin atas, bawah adalah 30 mm, sisi kiri dan kanan 20 mm. Naskah ditata menjadi dua kolom, masing-masing 81 mm dengan jarak di antara keduanya 8 mm. Jarak spasi antar kalimat pada abstrak 1 spasi dan badan artikel 1 spasi. Gambar, tabel dan caption (judul gambar atau tabel, dan deskripsi tentang gambar atau tabel tersebut) diletakkan di antara teks naskah, dengan lebar gambar, tabel dan caption sama dengan lebar dua kolom (170 mm) atau sama dengan lebar satu kolom (81 mm). Contoh area penulisan dan tata letak (layout) dapat dilihat pada template.

Jenis Huruf

Naskah harus ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Jenis dan dimensi huruf (font) yang digunakan pada judul Calibri 16 pt, nama penulis 11 pt, nama afiliasi penulis 9 pt, abstrak 10 pt dan badan naskah 11 pt, dan caption gambar dan tabel 10 pt. Tabel dan gambar dianjurkan menggunakan dimensi 8 pt. Untuk rumus, dianjurkan menggunakan equation editor tool dalam MSWord atau Math Type. Kata serapan dari bahasa asing, harus dicetak miring (italic). Penomoran halaman dimulai dari halaman judul. Nomor halaman menggunakan Calibri 10 pt. Contoh jenis dan dimensi huruf, dapat dilihat pada template.

Panjang Naskah

Pengiriman naskah harus memenuhi ketentuan panjang naskah minimal 6 halaman, termasuk di dalamnya foto, gambar, tabel, dan referensi. Jumlah halaman sangat dianjurkan genap.

Halaman Judul

Halaman pertama dari naskah harus memuat judul naskah, nama-nama penulis, afiliasi masing-masing, dan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak dan kata kunci harus dimasukkan dalam halaman judul. Abstrak tidak boleh melebihi 200 kata dan harus memuat isi naskah secara ringkas dan jelas. Kata kunci dibatasi lima kata dan harus dipilih secara tepat sehingga memudahkan pembaca untuk mencari. Penulisan kata kunci berurutan mengikuti abjad huruf pertama setiap kata.

Pembagian Bab dan Sub Bab

Naskah harus dilengkapi dengan beberapa pembagian yang paling sedikitnya bagian-bagian seperti berikut:

  1. Pendahuluan, mencakup latar belakang/persolan, kajian pustaka, tujuan. Seringkali juga pada bagian ini menampilkan kajian penelitian terdahulu yang mendasari penelitian yang dilakukan.
  2. Metode Penelitian, menjelaskan tentang cara, tahapan, proses yang diperlukan untuk dalam pengumpulan data dan analisis kajian/penelitian
  3. Hasil dan Pembahasan, memuat capaian kajian/penelitian termasuk analisis, interpretasi dan pembahasannya. Hasil dan Pembahasan dapat dituliskan terpisah atau disatukan dalam satu bagian
  4. Kesimpulan, dituliskan temuan penelitian secara ringkas, memuat jawaban atas pertanyaan penelitian. Pada bagian ini juga dapat dituliskan kebaruan temuan/diskursus, kelebihan dan kekurangan dari temuan, serta rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

Referensi

Penulisan kutipan dan daftar pustaka diwajibkan menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley, End Note, Zotero atau lainnya. Format penulisan yang digunakan adalah sesuai dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association). Daftar pustaka diutamakan merupakan artikel yang diambil dari jurnal ilmiah/publikasi terbaru.

Abrishami, S., Goulding, J. S., Pour Rahimian, F., Ganah, A., & Sawhney, A. (2014). G-BIM Framework: A Feasibility Study for the Adoption of Generative BIM Workspace for Conceptual Design Automation. In: M. Hajdu & M. J. Skibniewski, (eds.), Creative Construction Conference 2014, Prague, Czech Republic, 21-24 June 2014. pp. 539-543. (Contoh penulisan referensi dari Conference Papers)

Arif, M., Goulding, J., & Rahimian, F. (2012). Promoting Off-Site Construction: Future Challenges and Opportunities. Journal of Architectural Engineering, 18(2), 75-78. doi: doi:10.1061/(ASCE)AE.1943-5568.0000081 (Contoh penulisan referensi dari Journal Articles)

Sternberg, R. J. (1985). Beyond IQ: A Triarchic Theory of Intelligence. Cambridge: Cambridge University Press. (Contoh penulisan referensi dari Buku)

Matematik

Persamaan dan simbol seharusnya dituliskan menggunakan editor persamaan. Persamaan diberikan penomoran secara berurutan. Nomor persamaan diberikan di dalam tanda kurung dan ditempatkan pada sebelah kanan dari persamaan

Angka satuan

Angka satuan yang digunakan adalah SI (Satuan International), jika satuan lain digunakan buatlah keseteraannya di dalam kurung.

Tabel

Masukkan tabel di dalam teks naskah dan letakkan dalam lebar 1 kolom (81 mm) atau 2 kolom (170 mm), lihat ilustrasi. Berikan nomor tabel secara berurutan, contoh: Tabel 1 dan Tabel 2. Pastikan tulisan di dalam tabel masih tetap terbaca setelah mengecilkan ukuran hurufnya. Dianjurkan menggunakan jenis huruf calibri untuk tulisan di dalam tabel. Tabel dengan lebar dua kolom (170 mm) diposisikan di bagian paling atas atau paling bawah dari halaman yang ditempatinya. Penulisan judul tabel diletakkan di atas tabel. Lihat template.

Gambar

Masukkan gambar/diagram di dalam teks naskah dan letakkan dalam lebar 1 kolom (81 mm) atau 2 kolom (170 mm), lihat ilustrasi. Berikan nomor gambar secara berurutan, contoh: Gambar 1 dan Gambar 2. Gambar dengan lebar dua kolom (170 mm) diposisikan di bagian paling atas atau paling bawah dari halaman yang ditempatinya. Pastikan tulisan dalam gambar tetap terbaca setelah mengecilkan gambar. Dianjurkan menggunakan jenis huruf calibri, untuk tulisan di dalam gambar. Penulisan judul gambar diletakkan di bawah gambar. Lihat template.

PENGUMPULAN NASKAH

Naskah dapat dikumpulkan kapan saja. Naskah yang diterima melalui proses telaah oleh rekan sejawat akan diterbitkan pada edisi yang terdekat setelah naskah diterima. Pengumpulan dilakukan secara daring melalui halaman Pengiriman Artikel (klik di sini).

Bidang Keilmuan: Arsitektur, - Digital Arsitektur - Desain Kawasan/Rancang Kota -Arsitektur Tradisional dan Vernakular – Arkeologi - Kearifan Lokal - Psikologi Arsitektur - Teori Metoda dan Kritik Arsitektur - Struktur dan Utilitas Bangunan - Perumahan dan Permukiman - Arsitektur Berkelanjutan - Perencanaan dan Perancangan Kota - Perencanaan Wilayah dan Pedesaan - Sains dan Teknologi Bangunan - Sejarah dan Teori Arsitektur - Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota.

Ketua Editor Jurnal Archvisual akan mengirimkan pesan untuk setiap penerimaan paper sesuai dengan kontak tertulis. Jika pengirim naskah tidak mendapatkan balasan email dari kami dua minggu setelah pengiriman, silahkan menghubungi alamat berikut:

Editor in Chief Jurnal Archvisual

Email: archvisual@ft.unsri.ac.id

Salinan naskah tidak akan dikembalikan ke penulis.

KRITERIA PENERIMAAN

Tulisan yang diterima dan diterbitkan adalah makalah akademis yang memenuhi kriteria berikut:

  • Artikel yang di Submit sudah bebas dari PLAGIARISME dan pelanggaran Hak Cipta Lainnya
  • Artikel yang di Submit belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau sedang dalam proses REVIEW jurnal lain atau sudah di SUBMIT ke jurnal lain
  • Artikel yang di Submit dalam format Microsoft Office (.doc/ .docx)
  • Artikel yang di Submit sudah di tulis sesuai panduan TEMPLATE

PERSIAPAN PENGIRIMAN NASKAH

Naskah harus sesuai dengan format yang ditentukan oleh panduan penulisan naskah. Naskah harus ditulis dan dirangkai dengan tulisan singkat, padat dan mudah diikuti. Judul harus dapat menggambarkan isi/informatif. Abstrak padat dengan kata-kunci yang tepat. Agar informasi dapat tersampaikan dengan baik gunakan bahasa yang sederhana dengan kalimat-kalimat pendek dan penggunakan sub judul (heading) yang baik. Struktur naskah sebaiknya ditulis secara runtut. Gambar-gambar dan diagram harus mendukung dan menjelaskan isi makalah. Penulis makalah wajib mempertimbangkan penulisan agar memudahkan pembaca untuk memahami isi naskah.

PROSEDUR PENILAIAN

Penilaian naskah dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama oleh Chief in Editor/Ketua redaksi. Tahap ke-dua oleh editor. Jurnal Archvisual mempunyai sistem single-blind review, nama–nama penilai akan tetap dirahasiakan. Section Editor akan memberikan hasil evaluasinya kepada penulis. Hanya naskah yang mendapatkan rekomendasi bagus baik dari reviewer yang dapat diterima untuk dipublikasikan. Bila ada tanggapan minor, maka chief in editor/editor akan mengirimkan tanggapan tersebut kepada penulis untuk dijawab atau diperbaiki. Setelah itu chief in editor /editor akan menginformasikan pada penulis status penerbitan naskah (diterima, diterima dengan perbaikan minor, diterima dengan perbaikan mayor, ditolak). Untuk melindungi hak penulis, para penilai akan dan wajib menjaga kerahasiaan isi naskah hingga naskah tersebut diterbitkan. Para penulis bertanggung jawab untuk memenuhi standar penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam naskahnya.

BIAYA PENERBITAN

Naskah yang akan diterbitkan tidak dikenai biaya apapun. Penerbitannya dapat langsung dilihat secara online dalam website http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/archvisual/index. Selain dalam bentuk online, jurnal juga dicetak dalam jumlah terbatas. Jurnal tercetak didistribusikan ke penulis.

HAK CIPTA UNTUK PENERBITAN

Setiap naskah dalam jurnal ini dianggap orisinil, belum pernah diterbitkan, dan tidak dalam proses penerbitan dalam jurnal lain. Penulis akan diminta untuk menyerahkan hak cipta penerbitan, karena seluruh naskah yang diterima akan menjadi hak Jurnal Archvisual. Hak cipta penerbitan termasuk di dalamnya hak untuk cetak ulang dan pendistribusian artikel termasuk di dalamnya penggandaan foto dan penerjemahan ke bahasa asing lain. Penerbitan ini tidak akan menghalangi penulis untuk menggunakan isi naskahnya untuk kepentingannya sendiri. Jika pihak lain meminta izin untuk mencetak ulang naskah tersebut, Archvisual akan menghubungi penulis untuk meminta persetujuan. Penulis lain yang ingin menggunakan gambar-gambar dari artikel yang sudah diterbitkan sebelumnya harus meminta izin tertulis dari penerbit aslinya dan mencantumkan sumber aslinya pada keterangan gambar. Ijin tertulis harus dilampirkan pada naskah akhir yang dikirim untuk jurnal.

 

This is a sample text you can play with!

HTML Tidy   intant HTML beautifier offers you many code editing options:

he following Tidy options are available:

  • Inline styles
  • Classes, ID's
  • Empty tags
  • Tags with one space
  • Successive spaces
  • Remove comments
  • Tag attributes
  • Make plain text

To adjust the Tidy options, click the Tidy options button cool

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.