Rethinking and Reconnecting Urban River Corridor: Studi Kasus DAS Garang, Semarang

  • Yohana Aneke Magister Rancang Kota, Universitas Gadjah Mada
  • Cornelius Gea Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Lembaga Bantuan Hukum Semarang.
Keywords: sungai perkotaan, DAS Garang, kota, banjir, tangguh dan berkelanjutan

Abstract

Koridor sungai perkotaan memiliki peran penting dalam perkembangan kota. Sejak peradaban awal sungai telah memiliki peran penting, seperti sebagai navigasi, irigasi, pasokan air domestik dan industri, pertahanan, dan produksi energi. Secara umum sungai memiliki fungsi hidrologis dan ekologis sebagai penyangga keseimbangan alam. Hubungan antara hulu, tengah, dan hilir memiliki konektivitas sebab-akibat yang akan saling mempengaruhi. Sungai yang melewati ruang kota akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik. Proyek rekayasa terhadap dinamika alami sungai telah mencapai pada titik kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui pengamatan fenomena di lapangan, mengumpulkan data primer dan data sekunder untuk menghasilkan temuan-temuan baru. Penelitian ini menemukan bahwa berbagai tekanan dari perubahan iklim, perubahan tata ruang, dan peningkatan jumlah kejadian banjir membuat semua upaya mengatasi persoalan sungai tersebut perlu dipikirkan kembali. Berbagai proyek pemerintah seperti pencegahan banjir dan proyek normalisasi sungai masih berlanjut hingga saat ini. Namun, belum bisa sepenuhnya menjawab permasalahan sungai. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memulai transisi ke pendekatan yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

References

Batubara, B., Kausan, B. Y., Handriana, E., Salam, S., & Ma’arufah, U., (2021). Banjir Sudah Naik Seleher: Ekologi Politis Urbanisasi DAS-DAS di Semarang. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Bell, S., Fleming, L. E., Grellier, J., Kuhlmann, F., Nieuwenhuijsen, M. J., & White, M. P., (2021). Urban Blue Space: Planning and Design for Water, Health and Well-Being. London: Routledge.
Cesarin, B. T. (2016). Korelasi antara Pemanfaatan Sungai dan Karakteristik Hunian dengan Permasalahan pada Koridor Sungai di Kawasan Permukiman Perkotaan. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2016. 57-64.
Castonguay, S., & Evenden, M., (2012). Urban Rivers: Re-making River, Cities and Space in Europe and North America. Pittsburgh: University of Pittsburgh Press.
Forgaci, C. (2018). Integrated Urban River Corridors: Spatial design for social-ecological resilience in Bucharest and beyond. Netherlands: A+BE | Architecture and the Built Environment.
Kostof, S. (1992). The City Assembled: The Elements of Urban Form Through History. London: Thames & Hudson.
Liao, K.H. (2012). A Theory on Urban Resilience to Floods A Basis for Alternative Planning Practic. Ecology and Society, 17(4),48.
https://doi.org/10.5751/ES-05231-170448
Published
2022-06-29
Section
Articles