Efektifitas Pemakaian Material Akustik pada Gereja Bethel Indonesia (GBI) Musi Palem Indah Palembang

  • Anta Sastika Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Indo Global Mandiri.
  • Sandra Eka Febrina Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Indo Global Mandiri.
Keywords: tingkat kebisingan, efektifitas, material, akustik

Abstract

Penggunaan material akustik pada bangunan Gereja Bethel Indonesia Musi Palem Indah Palembang sangat dibutuhkan untuk menunjang fungsi sebagai ruang ibadah. Penggunaan sound system dan peralatan audio visual serta suara yang berasal dari jemaah memberikan berpengaruh terhadap tingkat kebisingan di dalam ruang gereja, yaitu sebesar 80 - 85 dB, dimana ambang batas normalnya hanya 30 – 50 dB. Faktor bising internal juga dipengaruhi oleh bising eksternal yang dihasilkan dari kendaraan dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di sekitar bangunan. Pemilihan material akustik yang digunakan dapat efektif apabila sesuai dengan jumlah produksi suara atau tingkat kebisingan yang timbul. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan material akustik yang digunakan di Gereja Bethel Indonesia Musi Palem Indah Palembang melalui pengukuran dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan utama bahwa material karpet yang dipakai di lantai Gereja Bethel Indonesia Musi Palem Indah Palembang ini kurang efektif dalam meredam tingkat kebisingan khususnya pada saat berlangsungnya proses ibadah, serta rekomendasi pemilihan dan penggunaan material dan metode reduksi, kebisingan pada bangunan.

References

Ching, Francis DK. (2009). Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Susunannya. Jakarta: Erlangga.
Kaharudin, Kusumawanto, Arif .(2011). Rekayasa Material Akustik Ruang Dalam Desain Bangunan Studi Kasus: Rumah Tinggal Sekitar Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal Forum Teknik Vol.34 No. 1 Januari 2011 Hal 8-15. Yogyakarta. Penerbit: Universitas Gajah Mada
Kartiko, Pandu, Sumaryoto. Muqqofa, Moch. (2018). Penerapan Sistem Akustik pada Ruang Auditorium Balai Sidang Surakarta. Jurnal
Grafik 2. Perbandingan Tingkat Kebisingan di Luar Gereja.
Sumber: Penulis, 2022
Archvisual: Jurnal Arsitektur dan Perencanaan Volume 2 Nomor 1 Juni 2022: 7-16
p-ISSN 2809-5766 / e-ISSN 2809-5014
16
Senthong Vol.1 No.1 Hal 65-72. Surakarta: Penerbit FT Universitas Sebelas Maret.
Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor KEP-48/MENLH/11/1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Jakarta.
Mediastika, Christina E. (2005). Akustika Bangunan: Prinsip-prinsip dan penerapannya di Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Punuh, Gratia S. Suryono.& Karongkong, Hendreik H. (2019). Manado Concert Hall: Optimasi Akustik Dalam Ruang. E-jurnal Arsitektur Daseng Unsrat Vol.8 No.1 2019 Hal. 82-93. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Satwiko, Prasasto. (2004). Fisika Bangunan. Yogyakarta: Penerbit Andi
Satwiko, Prasasto. (2009). Fisika Bangunan. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Handoko. (2015). Prinsip-Prinsip Akustik dalam Arsitektur. Jakarta: Kanisius.
Published
2022-06-29
Section
Articles