Potensi Ruang Terbuka di Sepanjang Bantaran Sungai Batang Lembang Kota Solok

  • Listen Prima Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Abdurrachman Arief Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Mutiara Winanda Universitas Sriwijaya
  • Siti Saskia Adela
Keywords: bantaran sungai, batang lembang, ruang terbuka, kota solok, taman

Abstract

Secara geografis Sungai Batang Lembang terletak pada Kabupaten Solok dan Kota Solok, dan merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Kabupaten dan Kota Solok. Selain itu, terdapat beberapa ruang terbuka di sepanjang bantaran Sungai Batang Lembang Kota Solok yang berpotensi dalam pengembangan kota; lokasi pertama lapangan merdeka, lokasi kedua bantaran samping rumah sakit tentara, lokasi ketiga bantaran samping Masjid Al-Hidayah, dan lokasi keempat Taman Syech Kukut Kota Solok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan survey lokasi dan analisa data dengan aplikasi Arcgis dan aplikasi JMP dengan tujuan untuk mengetahui jenis potensi atau fungsi dari Ruang Terbuka Hijau (RTH)  di kawasan penelitian sehingga dapat dikembangkan berdasarkan fungsi untuk menciptakan lingkungan kota yang berkelanjutan. Berdasarkan hasil survey dan analisis data dari empat lokasi RTH, maka dapat diketahui jenis potensi atau fungsi dari RTH tersebut dengan fungsi sosial budaya, lalu tiga lokasi RTH yakni lokasi pertama, kedua, dan keempat dapat dimanfaatkan dengan fungsi estetika, dan juga lokasi keempat dapat dimanfaatkan dengan fungsi ekonomi untuk mewadahi aktivitas atau kegiatan jual beli masyarakat sekitar. Dengan demikian, hasil penelitian dapat dijadikan masukan bagi pemerintah setempat dan pihak terkait dalam program pengembangan wilayah setempat.

References

Arikunto, S (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praltik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bungin, Burhan (2011) Penelitian Kualitatif, Jakarta: Prenada Media
Halmer, Yuma (2020) Analisis pengendalian banjir Batang Lembang di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, Jurnal Universitas Bung Hatta, 46
Juniani, Any (2018) Analisis Ruang Terbuka Hijau. Jurnal Universitas Islam Indonesia, 5-6
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (2008) Nomor : 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, Jakarta: Direktorat Jenderal Penataan Ruang Departemen Pekerjaan Umum
Mulyandari, H (2011) Upaya Pengelolaan Lahan Bangunan pada Bantaran Sungai Berbaris Lingkungan di Kabupaten Sleman DIY, Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 31-40.
Munir (2012) Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung : Alfabeta
Sari (2019) Penataan Bantaran Batang Lembang Kawasan Lapangan Merdeka Dikebut. Info Publik Solok | Info Kota Solok | Kota Solok.
Suciyani, Wida Oktavia (2018) Analisis Potensi Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kampus di Politeknik Negeri Bandung, Jurnal Planologi Unissula, 31-32.
Published
2023-02-28
Section
Articles