Keuntungan, Batasan, dan Tantangan Penggunaan Building Information Modeling dalam Proses Pembelajaran

  • Muhammad Rafli Alrizqi Magister Arsitektur, Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Universitas Gadjah Mada.
  • Ilham Fazri Magister Arsitektur, Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Universitas Gadjah Mada.
Keywords: BIM, OpenBIM, kampus, proses pembelajaran

Abstract

Studi ini melihat bagaimana menerapkan Building Information Modeling (BIM) di lingkungan kampus sebagai metode pembelajaran konstruksi. BIM adalah teknologi yang semakin populer dalam industri konstruksi yang membantu meningkatkan akurasi dan efisiensi proses perencanaan, desain, dan pengelolaan proyek. Namun, dapat ada beberapa masalah dan hambatan saat menerapkan BIM di kalangan mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus. Dalam penelitian ini, literatur dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa di salah satu universitas di Yogyakarta. Data tersebut mencakup pengetahuan mahasiswa tentang BIM, pengalaman mereka menggunakannya, dan pendapat mereka tentang apa yang baik dan buruk dari BIM dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tahu tentang BIM. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa masalah yang menghalangi pemanfaatan BIM di kampus yaitu sumber daya dan infrastruktur, kurikulum yang belum sepenuhnya terintegrasi dengan BIM, dan kendala dalam aksesibilitas perangkat lunak BIM. Selain itu, penelitian ini melihat kemungkinan pengembangan OpenBIM sebagai solusi untuk meningkatkan kolaborasi dan fleksibilitas dalam penggunaan BIM di lingkungan kampus. Dengan membangun ekosistem digital yang berkelanjutan, penerapan BIM di kampus dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk dunia kerja yang semakin terdigitalisasi dan berorientasi teknologi.

References

Abbas, A., Din, Z. U., & Farooqui, R (2016) Integration of BIM in Construction Management Education: An Overview of Pakistani Engineering Universities, Procedia Engineering, vol. 145, pp. 151–157, diakses online: https://doi.org/10.1016/j.proeng.2016.04.034
Abdelhai, N (2022) Integration BIM and emerging technologies in architectural academic programs. Building Information Modeling - a Sustainable Approach and Emerging Technologies [Working Title], diakses online: https://doi.org/10.5772/intechopen.106443
Alkalbani, S., Rezgui, Y., Vorakulpipat, C., & Wilson, I. E (2013) ICT adoption and diffusion in the construction industry of a developing economy: The case of the sultanate of Oman. Architectural Engineering and Design Management, vol 9, no. 1, pp. 62–75, diakses online: https://doi.org/10.1080/17452007.2012.718861
Azhar, S. (2011) Azhar, S (2011) Building information modeling (BIM): Trends, Benefits, Risks, and Challenges for the AEC industry.
Babatunde, S. O., & Ekundayo, D (2019) Barriers to the
Incorporation of BIM into Quantity Surveying Undergraduate Curriculum in the Nigerian Universities, Journal of Engineering, Design and Technology, vol. 17, no. 3, pp. 629–648, diakses online: https://doi.org/10.1108/JEDT-10-2018-0181
Chen, K., Lu, W., & Wang, J (2020) University–Industry Collaboration for BIM Education: Lessons Learned from a Case Study, Industry and Higher Education, vol 34, no. 6, pp. 401–409. https://doi.org/10.1177/0950422220908799
Chen, Y., Cai, X., Li, J., Zhang, W., & Liu, Z (2022) The Values and Barriers of Building Information Modeling (BIM) I)mplementation Combination Evaluation in Smart Building Energy and Efficiency, Energy Reports, vol 8, pp. 96–111, diakses online: https://doi.org/10.1016/j.egyr.2022.03.075
Eastman, C. M (2008) BIM handbook : A Guide to Building Information Modeling for Owners, Managers, Designers, Engineers, and Contractors: Wiley.
Hardin, B., & Mccool, D (2015) BIM and Construction Management : Proven Tools, Methods, and Workflows, Sibex A Wiley Brand.
Holzer, D (2015) The BIM Manager’s Handbook, Part 1: John Wiley & Sons.
Jung, Y., & Joo, M (2011) Building information Modelling (BIM) Framework for Practical Implementation, Automation in Construction, vol 20, no. 2, pp. 126–133, diakses online: https://doi.org/10.1016/j.autcon.2010.09.010
Kirschke, H (2015) BIM (Building Information modeling ) Education at Universities.
Migilinskas, D., Popov, V., Virgaudas Juocevicius, & Leonas Ustinovichius (2013) The Benefits, O’bstacles and Problems of Practical BIM Implementation, Procedia Engineering, vol. 57, pp. 767–774, diakses online: https://doi.org/10.1016/j.proeng.2013.04.097
Ullah, K., Lill, I., & Witt, E (2019) An Overview of BIM Adoption in the Construction Industry: Benefits and Barriers. 10th Nordic Conference on Construction Economics and Organization, pp. 297–303, diakses online: https://doi.org/10.1108/s2516-285320190000002052
Xie, M., Qiu, Y., Liang, Y., Zhou, Y., Liu, Z., & Zhang, G (2022) Policies, Applications, Barriers and Future Trends of Building Information Modelling Technology for Building Sustainability and Informatization in China. Energy Reports, vol. 8, pp. 7107–7126, diakses online: https://doi.org/10.1016/j.egyr.2022.05.008
Published
2023-08-29
Section
Articles