Pengaruh Hubungan antara Setting Pengguna Trotoar terhadap Atribut Aksesibilitas di Kota Semarang pada Era 4.0

Studi Kasus: Trotoar dan Bahu Jalan Setia Budi Semarang

  • Muhammad Fahri Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung.
  • Helfa Rahmadyani Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung.
Keywords: atribut aksesibilitas, ojek online, person centered mapping, revolusi industri 4.0, setting pengguna

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 mempengaruhi berbagai aspek salah satunya yaitu maraknya penggunaan transportasi online. Dengan adanya aplikasi transportasi online yang disebut ojek online, masyarakat ditawarkan untuk mendapat kemudahan pencapaian dari suatu titik ke titik lain. Namun seiring dengan perkembangannya, kehadiran ojek online kini justru menjadi faktor yang menyebabkan kemacetan. Hal ini ditandai dengan banyaknya driver ojek online yang parkir di sepanjang trotoar dan bahu jalan. Hubungan antara ruang dengan segala aktivitas individu atau kelompok dalam kurun waktu tertentu dikenal dengan istilah setting. Persepsi individu pengguna trotoar terhadap setting menjadi hal yang penting dalam menilai atribut lingkungan, khususnya atribut aksesibilitas di trotoar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara setting pengguna trotoar terhadap atribut aksesibilitas. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif dengan metode person centered mapping. Studi kasus penelitian berada di Kawasan Transmart dan KFC, Jalan Setia Budi, Kota Semarang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa setting atribut aksesibilitas sangat bergantung pada sudut pandang pengguna, lalu capaian efektifitas kualitas atribut aksesibilitas pada trotoar adalah efektivitas waktu. Salah satu indikator yang berpotensi dalam penyalahgunaan trotoar adalah indikator biaya. Melalui metode person centered mapping, skema pergerakan paling signifikan ada pada pergerakan driver ojek online karena jumlahnya yang sangat masif dan cenderung menumpuk di satu tempat.

References

Bhirawan, B., Indrosaptono, D., & Sari, S. R. (2018). HUBUNGAN SETING JPO DENGAN ATRIBUT AKSESIBILITAS DAN PRIVASI (Studi Kasus: JPO Pasar Karang Ayu, Semarang). Jurnal Arsitektur ARCADE, 2(3), 127. https://doi.org/10.31848/arcade.v2i3.79
Black, J. . (1981). Urban Transport Planning: Theory and Practice. Cromm Helm.
Corbin, J. M., & Strauss, A. (1990). Grounded Theory Research: Procedures, Canons, and Evaluative Criteria. Qualitative Sociology, 13(1), 3–21. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/BF00
Pengaruh Hubungan Antara Setting Pengguna Trotoar terhadap Atribut Aksesibilitas di Kota Semarang pada era 4.0
Muhammad Fahri, Helfa Rahmadyani
53
988593.
Creswell, J. W. (2006). Qualitative Enquiry & Research Design, Choosing among Five Approaches (2nd ed.). Sage Publication Inc.
Dalimunthe, I. P., & Nofryanti, N. (2020). Perspektif Masyarakat Pengguna Jalan Atas Ojek Online: Sudut Pandang Kemacetan. Media Ekonomi, 20(1), 16. https://doi.org/10.30595/medek.v20i1.9513
Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga.
Giovany, S. E., Arief, B., & Rahmah, A. (2006). PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN (On-Street Parking) TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Surya Kencana Simpang Pasar Bogor – Simpang Gg. Aut). Seminar Nasional, 1–12. https://jom.unpak.ac.id/index.php/teknikgeologi/article/view/35v
Groat, L. N., & Wang, D. (2013). Architectural Research Methods. John Wiley & Sons.
Haryadi, S. B. (2010). Arsitektur, Lingkungan Dan Perilaku : Pengantar Ke Teori Metodologi Dan Aplikasi. Gadjah Mada University Press.
Kumar, R. (2005). Research Methodology: A Step-by-step Guide for Beginners (2nd ed.). SAGE Publications Ltd.
Laurens, J. M. (2004). Arsitektur Dan Perilaku Manusia. Grasindo.
Magribi, M. (1999). Geografi Transportasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Maharani, E. (2018). Siasat Atasi Kemacetan Karena Ojek Online. Replubika. https://www.republika.co.id/berita/kolom/fokus/18/08/01/pco693318-siasat-atasi-kemacetan-karena-ojek-online
Mosconi, F. (2015). The new European industrial policy: Global competitiveness and the manufacturing renaissance. Routledge.
Roblek, V., Mesko, M., & Krapez, A. (2016). A Complex View of Industry 4.0. Sage Open, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.1177/2158244016653987
Sakdiyah. (2019). Sakdiyah. (2019). Hambatan Sosial “Driver” Ojek Online Perempuan (Studi 5 “Driver” Ojek Online Perempuan di Kota Padang). Padang: Universitas Andalas. Padang: Universitas Andalas.
Sani, A., Wiliani, N., & Husain, T. (2019). Spreadsheet Usability Testing in Nielsen’s Model among Users of ITSMEs to Improve Company Performance. European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1–9.
Setiawan, A. A., Sari, S. R., & Sardjono, A. B. (2020). Persepsi atribut pedagang kaki lima terhadap pemanfaatan trotoar Pandanaran. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 5(2), 287–296. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i2.436
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Weisman, G. . (1981). Modelling Environtment Behavior System. A Brief Note. Journal of Man-Environment Relations, 1(2), 32–41.
Widya, A. T., Bachtiar, J. C. U. ., Rahmadyan, H., Rahardiyan, A., B. P, T. A., & Abadi, A. A. (2020). Dampak Bisnis Online Terhadap Sosial-Ekonomi Dan Karakteristik Ruang Dalam Rumah Tinggal Di Cibaduyut, Kota Bandung. Modul, 20(2), 98–110. https://doi.org/10.14710/mdl.20.2.2020.98-110
Windley, P. G., & Scheidt, R. J. (1980). THE WELL‐BEING OF OLDER PERSONS IN SMALL RURAL TOWNS: A TOWN PANEL APPROACH. Educational Gerontology, 5(4). https://doi.org/https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0360127800050403
Published
2022-06-29
Section
Articles